Rabu, 11 Maret 2009

Sustainbilitas

Sustainbilitas adalah kemampuan sesuatu, seperti: alam, bangunan, maupun hasil karya lainnya; untuk bertahan menurut aspek-aspek yang ada di dalam kehidupan itu sendiri.

Jika kita ingin menentukan sebuah ke-sustainbilitas dari sebuah bangunan, kita dapat melihatnya dari beberapa aspek tertentu yang menggambarkan ciri-ciri tertentu sebuah bangunan.

Jika kita ingin memberikan contoh, misalnya dari gedung-gedung dari Universitas Duta Wacana yang kita cintai, kita dapat melihat dari 4 aspek agar bisa menentukan ke-sustainbilitas bangunan itu:

  1. Physical Elemen

Seperti bagian pembentuk bangunan pada umumnya, kita menemukan bahan-bahan seperti pasir, bata, beton, semen, dan lain-lain dalam proses pembentukannya dan menghasilkan lantai-lantai, dinding-dinding serta atap-atap yang kokoh.

Jika kita ingin menilai sustainbilitas dari segi ini, maka dapat dikatakan bangunan ini dapat sustain dalam beberapa puluh tahun ke depan.


  1. Persepsi

Dalam persepsinya, bangunan UKDW adalah sebagai tempat para mahasiswa untuk menimba ilmu dan juga bagi dosen-dosen yang ingin membagikan pengalamannya serta beberapa staff dan karyawan yang bekerja di dalamnya. Banyak yang terjadi di dalamnya, ia bisa sebagai tempat menambah pengetahuan, memberi pengalaman-pengalaman yang baru, menambah nilai-nilai dalam hidup ataupun sebagai tempat mencari nafkah.

Jadi bisa dikatakan bangunan UKDW bisa sustain karena banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh orang yang berada di dalamnya.


  1. Aktifitas

Berdasarkan aktivitas yang terjadi, gedung UKDW memiliki fungsi sebagai tempat banyaknya manusia melakukan aktifitas, misalnya dalam kegiatan belajar dan mengajar, perkantoran maupun hanya sebagai tempat untuk berkumpul semata, namun semua kegiatan tersebut berlangsung di dalam gedung.

Aktifitas termasuk dalam menentukan sustain atau tidaknya gedung UKDW, karena ia masih sangat diperlukan untuk banyak kegiatan seperti belajar dan mengajar, hanya saja mungkin salah satu hambatan yang cukup besar adalah perubahan bentuk dan juga fungsi gedung UKDW yang akhirnya menentukan ke-sustainbilitasnya.


  1. Waktu

Waktu adalah sesuatu yang tidak akan bisa dihentikan, seiring berjalannya waktu banyak yang akan berubah karenanya, dan waktu juga benar-benar salah satu aspek yang mendukung bisa tidaknya sesuatu itu sustain.

Jika menilai dari segi waktu, ia akan berdampak besar dalam bisa atau tidaknya bangunan UKDW sustain sampai dalam jangka waktu tertentu. Namun dari aspek ini sekali lagi jawabannya adalah bisa, namun dengan sesuatu yang mungkin tidak dapat kita prediksi, karena seiring perjalanan waktu banyak gedung dan bagian-bagiannya akan berubah.


Jadi, kesimpulan dari aspek-aspek yang telah disebut tadi adalah gambaran tentang sustain atau tidaknya bangunan-bangunan UKDW. Semua telah diterangkan dengan jawaban tertentu, namun aspek terakhir yang bisa disebutkan di sini adalah kembali ke diri kita sendiri, sebenarnya kitalah yang bisa menentukan sustain atau tidaknya sebuah bangunan tersebut, walau banyak aspek yang kita hadapi di depan, namun jika kita ingin mempertahankannya sampai kapanpun pasti semuanya bisa terjadi, karena keputusan ada di tangan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar